Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik dengan Pemberian Konsep Fisika Secara Benar

Author: 
Dasmo
Dwi Haryanti
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empirik rata-rata hasil belajar Fisika peserta didik yang diberi pemberian konsep secara benar dan pemberian informasi (metode konvensional) dengan mengontrol kemampuan awal. Penelitian dilakukan di kelas XI SMK Bina Mandiri Depok, Jawa Barat. Sampel penelitian berjumlah 58 peserta didik yang terbagi atas 2 kelas yakni 29 peserta didik sebagai kelas kontrol dan 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Rancangan penelitian dilakukan melalui teknik analysis of covariance (ANCOVA), sementara perhitungan dilakukan dengan program SPSS 21. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan hasil belajar Fisika peserta didik sebelum dan sesudah treatment dimana nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05. Sementara itu, perbandingan hasil belajar Fisika peserta didik yang diberikan konsep dengan benar dan yang diberikan informasi juga merupakan perbedaan yang signifikan dimana nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05.