Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Guided Discovery Pada Peserta Didik Kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Bontoramba Kabupaten Jeneponto

Author: 
Abd. Karim Ismail
Subaer
Muris
Abstrak: 

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada Kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Bontoramba Kabupaten Jeneponto dengan jumlah peserta didik 23 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari enam pertemuan (empat kali tatap muka dan dua pertemuan tes hasil belajar), demikian pula halnya dengan Siklus II. Data aktivitas peserta didik diperoleh dengan Lembar Observasi Aktivitas peserta didik, sedangkan data hasil belajar peserta didik diperoleh dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas Belajar pada peserta didik Kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Bontoramba Kabupaten Jeneponto pada pembelajaran yang menerapkan LKPD Berbasis Guided Discovery pada materi Sistem Transportasi di siklus I berada pada kategori Baik, sedangkan pada siklus II pada materi Indera Pendengaran dan Sistem Sonar pada Makhluk Hidup penelitian tindakan kelas ini berada pada kategori Sangat Baik (2) Hasil belajar Aspek Kognitif peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Bontoramba Kabupaten Jeneponto pada pembelajaran yang menerapkan LKPD Berbasis Guided Discovery berada pada kategori tinggi dengan persentase ketuntasan belajar 56,52% pada siklus I dan 86,96% pada siklus II. Hasil belajar pada Aspek Psikomotorik peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Bontoramba Kabupaten Jeneponto pada pembelajaran yang menerapkan LKPD Berbasis Guided Discovery mengalami peningkatan dari kategori cukup di siklus I menjadi kategori Baik pada Siklus II.