Strategi Konflik Kognitif Berbantuan Media Simulasi Virtual dalam Pembelajaran Fisika Berorientasi Pengubahan Konseptual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan menurunkan Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi

Author: 
Hikmat
Yuyu R. Tayubi
Unang Purwana
Andi Suhandi
Abstrak: 

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan Strategi Konflik Kognitif Berbantuan Media Simulasi Virtual Pada Pembelajaran Fisika Berorientasi Pengubahan Konseptual untuk menguatkan pemahaman siswa melalui reduksi miskonsepsi. Metode penelitian yang digunakan metode Pre-Experiment menggunakan desain one group pretest-posttest. Subyek penelitian siswa kelas XI salah satu SMU di kota Bandung. Materi ajar yang dibahas rangkaian listrik arus searah menggunakan media simulasi virtual program PheT Simulations yang dikembangkan oleh University of Colorado USA. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan strategi konflik kognitif berbantuan media simulasi virtual dapat meningkatkan pemahaman terhadap konsep-konsep rangkaian listrik arus searah dengan kategori rata-rata peningkatan yang tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata skor gain yang dinormalisasi, <g>, sebesar 0,8, angka penurunan kuantitas siswa yang miskonsepsi pada tiap konsep yang diujikan di atas 0,7. Hasil-hasil ini menunjukkan penerapan strategi konflik kognitif berbantuan media simulasi virtual pada pembelajaran fisika memiliki potensi yang baik dalam mengoptimalkan pemahaman konsep di kalangan para siswa sekolah menengah atas.