Profil Pembelajaran Fisika Berbasis Riset Sederhana melalui Praktikum pada Siswa Kelas XII IPA4 SMA Negeri 2 Kebumen

Author: 
M. Yasin Kholifudin
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas kerja ilmiah dan sikap ilmiah; mulai pra riset, selama riset, dan akhir proses pembelajaran fisika untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika melalui praktikum. Subyek penelitian adalah 32 siswa kelas XII IPA4 SMA Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terbagi dalam 10 kelompok riset dan tiap kelompok 3 siswa, dilaksanakan pada tgl 14 dan 23 Desember 2013. Diperoleh simpulan terjadi peningkatan aktivitas kerja ilmiah dan sikap ilmiah siswa mulai dari proses berpikir kritis, kreatif, tekun, sabar, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dapat melakukan praktikum dengan benar sesuai prosedur, lebih terampil menggunakan alat praktikum dan konsep pemahaman fisika siswa bisa meningkat, jika dikonversi kurikulum 2013 diperoleh hasil (B)10%, (B+)20%, (A-)15%, (A)57%. Selain itu diperoleh kenaikan kemampuan mengkomunikasikan hasil riset sederhana dalam format laporan penelitian. Profil pembelajaran fisika berbasis riset sederhana sesuai dengan pendekatan saintifik yang diamanatkan kurikulum 2013 yaitu meliputi proses; mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan