PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PROSES BELAJAR FISIKA PADA KONSEP GELOMBANG ELEKTROMAGNET MELALUI PEMBELAJARAN THINK, WRITE, AND TALK

Author: 
Fadiyah Suryani
Fatkhulloh
Abstrak: 

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan  kreativitas siswa dalam berfikir kritis, berkarya dan berkomunikasi pada pembelajaran fisika konsep gelombang elektrogmagnet dengan model pembelajaran Think, Write, and Talk. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XG yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus , yaitu : 1. Siswa diberi kesempatan untuk mencari sumber belajar sendiri dan menuliskan konsep-konsep atau ide-ide penting kemudian menyampaikan kepada siswa lain. 2. Disiapkan sumber belajar kemudian menuliskan konsep atau ide-ide dan disampaikan kepada siswa lain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model think, write, and talk dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam berfikir kritis, bertanya dan berkarya untuk menemukan konsep dan ide-ide baru. Tiap siklus ada peningkatan hasil belajar, yaitu siklus 1 naik 34,1 % , siklus 2 naik 21,1 % sehingga kegiatan pembelajaran dengan model think, write, and talk dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa, menimbulkan keberanian bertanya dan menyampaikan pendapat secara aktif serta meningkatkan hasil belajar siswa.