Pengembangan Pembelajaran Fisika dengan Multiple Representations Berbasis ICT untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Kinematika, Persepsi, dan Motivasi Mahasiswa PGMIPA-BI

Author: 
Ishafit
Abstrak: 

Pembelajaran fisika dengan multiple representations berbasis Information and Communication Technology (ICT) untuk materi kinematika telah dikembangkan guna meningkatkan penguasaan konsep fisika, persepsi, dan motivasi mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGMIPA-BI Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan. Desain penelitian yang digunakan untuk mengetahui dampak pemberian pembelajaran ini adalah one group pre-test post-test design. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman grafik kinematika, angket persepsi, dan angket motivasi. Uji statistik non-parametrik Wilcoxon digunakan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep kinematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan multiple representations berbasis ICT: (1) dapat meningkatkan penguasaan konsep kinematika mahasiswa, (2) mendapat persepsi yang baik dari mahasiswa, atau (3) belum menunjukkan adanya peningkatkan motivasi belajar fisika mahasiswa, karena motivasi mahasiswa sebelum pemberikan perlakuan pembelajaran sudah menunjukkan motivasi yang baik.