Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Author: 
Azizahwati
Zuhdi Maaruf
Ruhizan M. Yassin
Ema Yuliani
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sains Fisika berbasis kearifan lokal untuk siswa SMA kelas XI yang berkualitas dan mengetahui pencapaian hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model 4D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), serta penilaian tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi RPP, LKS dan penilaian tes hasil belajar. Uji coba diperluas dengan menggunakan control group pretest-posttest design. Data hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji t. Penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan memberikan kesimpulan: (1) kualitas modul pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik sehingga layak digunakan, dan (2) pencapaian hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi kearifan lokal mengalami peningkatan.