PENGEMBANGAN MODEL PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU YANG HUMANIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Author: 
Widodo
Abstrak: 

Salah satu inovasi dalam KBK adalah model pembelajaran IPA terpadu di SMP. Namun,  IPA di SMP selama ini diajarkan dengan pemisahan antara biologi, fisika, dan kimia. Pembelajaran IPA adalah proses membangun manusia dan jalan yang paling tepat adalah melalui pembelajaran yang humanis.  Namun, pembelajaran IPA di SMP saat ini kurang humanis. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji profil model pengelolaan pembelajaran IPA di SMP selama ini,  mengembangkan model pengelolaan pembelajaran IPA terpadu yang humanis di SMP, menghasilkan  model teruji pengelolaan pembelajaran IPA terpadu yang humanis di SMP. Jenis penelitian ini adalah research and development de ngan tiga tahap, yakni: ta hap penelitian pendahuluan, tahap pengembangan model, dan tahap uji coba model. Penelitian ini dilakukan di SMPN1, SMPN7, dan SMPN15 Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, focus groups discussion, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil model pengelolaan pembelajaran IPA di SMP  di Yogyakarta selama ini  masih parsial, kurang humanis, dan  individual teaching, model pengelolaan pembelajaran IPA terpadu yang humanis di SMP memiliki spesifikasi terpadu, humanis, dan team teaching, dan  model pengelolaan pembelajaran IPA terpadu yang humanis di SMP dinyatakan valid