Pengembangan Media Tutorial Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Negeri 1 Malang

Author: 
Dulari
Abstrak: 

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media tutorial berbantuan komputer untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah serta mendeskripsikan kelayakannya untuk mendukung pembelajaran fisika pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model prosedural mengadaptasi prosedur pengembangan Sukmadinata. Penelitian menggunakan angket untuk penilaian validator dan uji kualitas produk oleh pengguna dalam uji coba terbatas. Kegiatan validasi meliputi validasi produk pengembangan dan validasi soal pilihan ganda sebagai komponen produk. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator dan tanggapan siswa berdasarkan skala Likert, data kualitatif berupa tanggapan dan saran yang diberikan oleh validator dan pengguna. Hasil dari analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berkategori baik sehingga tidak memerlukan revisi. Berdasarkan data kualitatif, produk telah direvisi berdasarkan tangapan dan saran validator. Produk yang dihasilkan sudah dikatakan layak namun masih memerlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut, serta uji coba yang berulang agar lebih bermanfaat dalam pembelajaran.