Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri Berupa Papan Permainan Sains “Pipa dan Selang” untuk Sub Pokok Bahasan Fluida Statis

Author: 
Fongling Natalia Budisungkono
Tjondro Indrasutanto
Herwinarso
Abstrak: 

Dalam mempelajari fisika, siswa perlu memahami konsep, mengingat rumus dan satuan untuk dapat memecahkan permasalahan. Diperlukan banyak latihan terutama dalam menganalisis soal-soal yang aplikatif. Akan tetapi, siswa cenderung tidak suka pelajaran fisika sehingga siswa enggan berlatih. Siswa usia SMP lebih suka bermain. Media pembelajaran berupa permainan dapat menarik minat siswa untuk berlatih. Dengan bermain sambil belajar diharapkan siswa tidak akan merasa jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mandiri berupa permainan untuk sub pokok bahasan fluida statis. Met¬ode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan, yaitu suatu metode yang berorientasi pada pengembangan produk pembelajaran yang akan digunakan untuk pemecahan masalah pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kuesioner siswa dan lembar uji validasi. Hasil penelitian ini berupa papan permainan sains “Pipa dan Selang” lengkap dengan kartu soal dan kartu jawaban yang mendeskripsikan materi fluida statis dengan jelas berikut penerapan konsepnya dalam kehidupan sehari-hari. Media ini telah melalui uji validasi dan tergolong sangat baik dengan poin 3,62. Media juga telah diujicobakan secara terbatas kepada 14 orang mahasiswa jurusan pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandala dan uji lapangan pada 30 orang siswa kelas IX SMP Santa Maria Surabaya. Berdasarkan hasil angket, 92,42% responden menyatakan bahwa media yang dikembangkan menarik dan dapat membantu memahami materi fluida statis.