Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Rungu) SMK Kelas X Pokok Bahasan Suhu Dan Termometer

Author: 
Dwi Ratna Purwaningsih
Dwi Sulisworo
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kerja siswa (LKS) Fisika bagi anak tunarungu dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada materi suhu dan termometer dilihat dari dari aspek isi, penyajian, bahasa, dan gambar. Materi Suhu dan Termometer dipilih karena dipandang mampu untuk mewakili materi fisika yang dapat dikembangkan bagi anak tunarungu. Dengan pengembangan LKS fisika bagi anak tunarungu pemilihan materi Suhu dan Termometer diharapkan mampu mengoptimalkan indera yang berfungsi dengan baik yaitu indera peraba dan penglihatan. Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) dengan subjek lima anak tunarungu SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, lembar validasi, dan lembar angket respon siswa dengan sumber data dosen fisika UAD, guru mata pelajaran fisika dan guru pendamping khusus, serta siswa. Penggunaan LKS Fisika untuk anak tunarungu diharapkan dapat mengoptimalkan pemahaman materi pelajaran melalui indera penglihatan dan peraba. Kelayakan LKS yang dikembangkan dinilai berdasarkan hasil validasi dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan ditinjau dari validasi ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran dan guru pendamping khusus serta siswa berturut-turut sebesar 92,65%; 78,75%; 96,67%; dan 86 %. Hal ini menunjukkan bahwa LKS Fisika yang dikembangkan untuk anak tunarungu layak digunakan dalam proses pembelajaran.