Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Ilmiah Berbasis Simulasi PhET

Author: 
Andinna Adityani
Ishafit
Abstrak: 

Sesuai observasi peneliti pada proses pembelajaran materi hukum Ohm di SMK 17 Parakan, interaksi antara siswa dan guru terlihat masih satu arah karena pembelajaran masih didominasi oleh guru. Hal ini juga ditunjang oleh kurang optimalnya pemanfaatan laboratorium dikarenakan minimnya alat-alat untuk praktikum, sehingga kurang menambah pemahaman konsep, motivasi, serta sikap ilmiah siswa. Untuk menyiasati hal itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS dengan format pendekatan ilmiah berbasis simulasi PhET yang valid. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model dari Borg & Gall yang berorientasi untuk menghasilkan dan memvalidasi sebuah produk berupa lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan ilmiah berbasis simulasi PhET. Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap ke lima, terdiri dari studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan desain, uji terbatas, dan revisi produk. LKS yang dihasilkan mendapatkan penilaian dengan predikat baik sekali dari validator maupun pengguna. Format terbaik LKS yang dihasilkan yaitu berisi (1) pengantar; (2) tujuan; (3) alat dan bahan; (4) langkah kegiatan yang terdiri dari: (i) mengamati, (ii) menanya, (iii) mengumpulkan informasi, (iv) mengasosiasi, (v) mengkomunikasikan; (5) pertanyaan.