PENGARUH SMARTPOWERPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA TERPADU, TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 1 TRENGGALEK PADA KOMPETENSI MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN TAHUN PELAJARAN 2007/2008

Author: 
Jarot Suseno
Abstrak: 

Penataan panggung belajar yang kurang menarik, merupakan salah satu faktor pemicu pembelajaran yang membosankan. Karena itu strategi belajar fisika yang dikemas dengan gambaran dunia CyberLink akan lebih menarik. Maka penulis mengembangkan pembelajaran Fisika Terpadu, yaitu model pembelajaran yang mengintegrasikan antara teori, praktik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Media ini diberi nama Smartpowerpoint, yaitu media belajar berbentuk presentasi yang sangat sederhana memaksimalkan fungsi hyperlink/run program, yang dipadukan  dengan berbagai program lain. Media ini diterapkan kepada siswa untuk mengukur tingkat pengaruhnya terhadap minat belajar siswa pada kompetensi momentum, impuls dan tumbukan. Agar tampak menarik dan menyenangkan, maka dalam pembelajaran ini menggunakan komputer dengan metode pembelajaran ICT (Information  and Communication Technology). Dari hasil penelitian pada siklus I, secara umum berdasarkan pengamatan peneliti dan kolaboran, siswa tampak begitu antusias menyambut pembelajaran baru dengan SmartPowerpoint ini. Dari data tabel pasca penggunaan media SmartPowerpoint, diperoleh prosentase sebesar 90,41% media SmartPowerpoint dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar fisika kompetensi momentum, impuls dan tumbukan. Sementara pada tabel hasil belajar siswa sebesar 78,53 % siswa tuntas belajar, penilaian ini berdasarkan standar nilai lulus pelajaran Adaptif  sebesar 6,00. Peneliti beranggapan semangat dan minat belajar merupakan modal awal untuk mencapai prestasi belajar di kemudian hari. Sehingga harapan penulis semoga pelajaran fisika yang selama ini dianggap sulit dan membosankan oleh siswa kejuruan, dapat direduksi.

Download Makalah :