Pengaruh Real-world Applications Inquiry terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Siswa Kelas X SMA

Author: 
Nira Nurwulandari
Muhardjito
Nandang Mufti
Abstrak: 

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan Control Group Pre-test Post-test Design. Ada dua kelas yang digunakan, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Real-world Applications Inquiry sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran Guided Inquiry Labs. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1)terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah fisika antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Real-world Applications Inquiry dengan pembelajaran Guided Inquiry Labs, 2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran Real-world Applications Inquiry dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah, 3)kemampuan pemecahan masalah siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi, jika belajar menggunakan pembelajaran Real-world Applications Inquiry lebih tinggi daripada yang belajar dengan Guided Inquiry Labs, dan 4) kemampuan pemecahan masalah siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis rendah, jika belajar menggunakan pembelajaran Real-world Applications Inquiry lebih rendah daripada yang belajar dengan Guided Inquiry Labs. Hasil nomer satu dan dua menggunakan uji anova dua jalur sedangkan nomer tiga dan empat menggunakan uji Tukey.