Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Berbasis Guided Inquiry (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Ditinjau dari Kerja Ilmiah Siswa

Author: 
Lidana Marta Sitika
Muhardjito
Markus Diantoro
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) berbasis guided inquiry (GI), dalam hal ini ditinjau dari kerja ilmiah siswa. Peninjauan dilakukan dengan mengadakan tes kerja ilmiah sehingga siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu siswa yang memiliki kerja ilmiah tinggi dan siswa yang memiliki kerja ilmiah rendah. Rancangan penelitian digunakan adalah desain faktorial 2x2. Seluruh sampel dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu tinggi dan rendah dalam hal kerja ilmiah. Penelitian ini berjenis quasi eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test post-test design. Hasil penelitian:1) Pengaruh kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang belajar dengan model PBL berbasis GI lebih tinggi, 2) terdapat interaksi antara model PBL berbasis GI dan kerja ilmiah siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika, 3) kemampuan pemecahan masalah fisika menjadi lebih baik/tinggi pada siswa yang memiliki kerja ilmiah tinggi dan belajar dengan model PBL berbasis GI, begitu pula sebaliknya