Pengaruh Persepsi Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas XIITP1 dan XIIAV1 terhadap Prestasi Belajar di SMK N 3 Yogyakarta

Author: 
Eko Mulyadi
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar: 1) persepsi mata pelajaran fisika, 2) prestasi mata pelajaran fisika, 3) prosentase persepsi terhadap penguatan, dan 4) pengaruh persepsi pada mata pelajaran fisika siswa terhadap prestasi hasil belajar fisika. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 4-5 Desember 2012 dan 11-12 Desember 2012, di kelas XIITP1 dan XIIAV1, SMKN 3 Yogyakarta, Tahun Pelajaran 2012/2013. Angket digunakan untuk mengetahui nilai persepsi yang ditunjukkan dengan pertanyaan berikut: 1) Apakah belajar fisika itu mudah? 2) Apakah belajar fisika menyenangkan? 3) Apakah metode mengajar guru fisika sudah sesuai? 4) Apakah guru fisika menggunakan alat peraga ? 5) Apakah Anda paham dengan materi fisika yg diajarkan? Analisa item menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata persepsi kelas XIITP1 adalah 45.98 % dengan prestasi rata-rata kelas, awal 40,30 meningkat menjadi 74,30, atau terjadi rentang penguatan 34,00. Analisa kelas XIIAV1 persentase nilai persepsi 58,93%, dengan prestasi awal 64,90 meningkat menjadi 79,86, atau terjadi penguatan 14,96. Hasil uji regresi TETRA IV untuk kelas XIITP1 diketahui bahwa persepsi fisika tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi mata pelajaran fisika dengan tingkat signifikansi 0,0501>0,0500 dan koefisien regresi yang dihasilkan 21,3406 dengan nilai t statistik sebesar 2,0543. Hasil kelas XIIAV1, persepsi fisika tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar fisika dengan tingkat signifikansi 0,4580>0,0500 dan koefisien regresi yang dihasilkan 5,3269 dengan nilai t statistik sebesar 0,7510. Dapat disimpulkan bahwa persepsi fisika tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi mata pelajaran fisika. Adapun kontribusi persepsi hanya 13,96% untuk kelas XIITP1 dan 1,68% untuk Kelas XIIAV1.