Pengaruh Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal

Author: 
Nomika Rizqiana
Arif Hidayat
Soepriyono Koes H
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains ditinjau dari kemampuan awal siswa SMA. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kemampuan literasi sains siswa diukur menggunakan dua instrumen, yaitu aspek context, knowledge, dan competence diukur menggunakan tes dan aspek attitudes diukur menggunakan angket. Aspek yang diukur menggunakan tes diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Hasil pretest dan posttest masing-masing kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan perbedaan rerata yang signifikan. Selain itu, perbedaan rerata antara kelompok kemampuan awal tinggi dan rendah untuk masing-masing kelas cukup signifikan. Pembelajaran PBL dan kemampuan awal memperlihatkan interaksi yang dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan ANAVA satu jalur pada taraf signifikan 5 % dengan nilai asymp-sig yang lebih kecil dari 0,05. Sedangkan aspek attitudes memberikan peningkatan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.