Pengaruh Model Problem Solving dan Scaffolding Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI IPA

Author: 
I Putu Tedy Indrayana
I Wayan Santyasa
Putu Artawan
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep (PK) antara kelompok siswa yang: 1) mengikuti model Problem Solving (MPS) dan Konvensional (MPK); 2) menggunakan conceptual scaffolding (CS) dan metacognitive scaffolding (MS); serta (3) menganalisis pengaruh interaksi antara model pembelajaran (MP) dan scaffolding (SF) terhadap pemahaman konsep. Penelitian ini berupa eksperimen semu dengan rancangan faktorial pretest-posttest nonequivalent control group design. Data PK dikumpulkan menggunakan 20 butir tes PK dan dianalisis secara deskriptif serta dengan statistik ANAKOVA faktorial . Pasangan skor rata-rata tiap kelompok dianalisis dengan uji LSD. Hasil penelitian mengungkap: (1) kelompok MPS-CS paling unggul dalam pencapaian PK; (2) terdapat perbedaan PK yang signifikan antara kelompok MPS dibandingkan MPK (F = 73,192; p<0,05);(3) terdapat perbedaan PK yang signifikan antara kelompok menggunakan CS dibandingkan MS (F = 6,543; p<0,05); (4) terdapat pengaruh interaksi antara MP dan SF terhadap PK siswa (F = 4,795; p<0,05). Uji lanjut menunjukkan bahwa PK kelompok MPS-CS paling unggul.