Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Ditinjau Dari Motivasi Belajar dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Temanggung

Author: 
Bambang Surahmadi
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE ditinjau dari motivasi belajar dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran POE melibatkan peserta didik untuk mendiskusikan dan memprediksi hasil demonstrasi, mengamati demonstrasi dan menjelaskan ketidaksesuaian antara prediksi dan pengamatan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP N 1 Temanggung Tahun Pelajaran 2013/2014, dengan sample penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, kemampuan awal dan motivasi yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran POE, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis data akhir dilakukan dengan menggunakan analisis uji anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model Pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dilihat dari motivasi belajar, dengan nilai motivasi peserta didik sangat tinggi sedangkan pengetahuan awal tidak mempengaruhi, (2) Model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dilihat dari aspek kognitif, dengan rata-rata nilai peserta didik sudah melampaui batas kriteria ketuntasan minimal, (3) Model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dilihat dari ranah afektif dengan sebagian besar mendapat kriteria nilai sikap A, (4) Model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dilihat dari ranah psikomotorik, ini dapat terlihat ketrampilan peserta didik saat pembelajaran POE berlangsung sangat antusias, aktif, dan kreatif.