Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Riset pada Materi Fluida Statis terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI Madrasah Aliyah Madani Alauddin

Author: 
Nurfatima
Ahmad Swandi
Subaer
Abstrak: 

Metode pembelajaran adalah salah satu faktor penentu hasil belajar siswa. Pembelajaran fisika di sekolah umumnya telah menggunakan kegiatan praktikum yang dilengkapi panduan berisi prosedur kegiatan praktikum sehingga buku tersebut seperti buku resep. Peserta didik hanya mengikuti instruksi tanpa memahami makna dari tahapan kegiatan praktikum tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis riset pada materi fluida statis terhadap hasil belajar fisika. Penelitian dilaksanakan di MA Madani Alauddin, Gowa, Sulawesi Selatan. Populasi penelitiannya adalah kelas XI semester 2 dengan sampel dua kelas yang diambil dengan teknik sampling insidental, satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Desain penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis riset pada materi fluida statis efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MA Madani Alauddin. Hal ini terlihat dari rerata peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yaitu 0,56 lebih tinggi daripada kelas kontrol yang hanya mencapai 0,49.