Pengaruh Implementasi Virtual Lab Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Listrik Dinamis

Author: 
Rini Ariyanti
Suparwoto
Muchlas
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh implementasi pembelajaran Virtual Lab terhadap pemahaman konsep fisika; dan 2) kontribusi pretest, kemampuan mekanis, tata hitung, dan pandang ruang terhadap pemahaman konsep fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control-group design. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kovariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman konsep listrik dinamis siswa yang diajar menggunakan media Virtual Lab lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dengan peningkatan skor dari 51,613 ke 69,758; 2) besarnya kontribusi efektif untuk pretest 13,46 %, kemampuan mekanis 3,06 %, kemampuan tata hitung 1,04 %, dan kemampuan pandang ruang 0,24 %.