Pengaruh Diskusi Terhadap Perkembangan Model Mental Mahasiswa Pada Fenomena Konveksi Panas

Author: 
Mustaqim
Abstrak: 

Model mental digunakan ketika mahasiswa bernalar memahami dan memprediksi berbagai fenomena fisis khususnya konveksi panas. Penelitian ini bertujuan melihat perubahan model mental yang terjadi setelah mahasiswa mengikuti kegiatan diskusi kelompok dan kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni studi fenomenologi model mental mahasiswa tentang fenomena konveksi panas. Sebanyak 30 mahasiswa S1 Pendidikan Fisika yang mengikuti mata kuliah Fisika Dasar II berpartisipasi dalam penelitian ini. Data diperoleh melalui tes sebelum dan setelah diskusi, transkrip percakapan hasil diskusi, dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan metode perbandingan tetap (constan comparative) yakni membandingkan gambar, tulisan, dan perkataan mahasiswa ketika wawancara. Hasil ini menunjukan bahwa diperoleh 5 model mental awal yang kemudian berubah menjadi 2 model setelah diskusi. Hasil tersebut menunjukan bahwa kegiatan diskusi kelompok dan kelas yang diberikan efektif untuk memicu perubahan model mental mahasiswa. Penelitian ini masih memiliki banyak kelemahan, diharapkan peneliti selanjutnya untuk lebih memperdalam proses wawancara dan mencoba berbagai variasi metode pembelajaran sebagai upaya memicu perubahan model mental.