Penerapan Pembelajaran Fisika dengan Media Simulasi PhET pada Pokok Bahasan Gaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 6 Yogyakarta

Author: 
Retna Wuryaningsih
Suharno
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Fisika menggunakan simulasi PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA terhadap konsep tentang gaya. Penelitian dilaksanakan di SMPN 6 Yogyakarta, populasi penelitian adalah siswa kelas VIII sedangkan sebagai sampel adalah siswa kelas VIIIA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (quasi experimental) dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ekuivalen. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan pada adanya perbedaan hasil pre-test dan post-test yaitu: skor rata-rata pre-test 18,44 standar deviasi 3,01, skor rata-rata post-test 21,37 dengan standar deviasi 2,39, Skor rata-rata Gain 2,93 dengan standar deviasi 1,92, skor rata-rata Nilai Gain 0,46 dengan standar deviasi 0,22, dengan rata-rata nilai pre-test 7,35, dan rata-rata nilai post-test 8,55. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media simulasi PhET dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar fisika.