Penerapan Pembelajaran Aktif Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Hasil Belajar Fisika Unit Suhu dan Pemuaian pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Makassar

Author: 
Risnawati
Rachmatiah
Nurul Kusuma Wardani
Subaer
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan meningkatkan daya ingat dan hasil belajar Fisika unit suhu dan pemuaian pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Makassar melalui pembelajaran aktif berbasis Mind mapping. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII-5 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data daya ingat siswa diperoleh dengan tes melengkapi dan membuat Mind Mapping, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran aktif berbasis Mind maping dapat meningkatkan daya ingat peserta didik pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Makassar dari 94,68% menjadi 96,09%. (2) Penerapan pembelajaran aktif berbasis Mind mapping mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 24 Makassar dengan jumlah siswa yang mencapai KKM dari 58,06% menjadi 83,87%.