Penerapan Model Pembelajaran Elektronik Quipper School Menggunakan Metode CTL untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Temanggung Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Konsep Getaran Gelombang Bunyi

Author: 
Heri Setyawan
Ishafit
Abstrak: 

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar fisika yang tuntas KKM pada siswa kelas X TKJ SMK N 2 Temanggung. Model pembelajaran yang diterapkankan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas masih kurang menyenangkan dan menarik perhatian merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar fisika pada siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran elektronik menggunakan Quipper School untuk peningkatan hasil belajar pada siswa kelas X TKJ SMK N 2 Temanggung. Faktor yang diteliti yaitu berupa peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas KKM. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran elektronik menggunakan Quipper School terjadi peningkatan hasil belajar yang tuntas KKM untuk siswa kelas X TKJ SMK N 2 Temanggung. Persentase hasil belajar siswa yang tuntas KKM pada tahap pra siklus rata-rata sebesar 56,66% atau 20 siswa, meningkat menjadi 63,89% atau 22 siswa setelah diberi tindakan pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 76,29% atau 27 siswa setelah diberi tindakan pada siklus II. Sehingga penerapan model pembelajaran elektronik menggunakan Quipper School dapat diterapkan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar dapat tuntas KKM.