Penerapan Model PBM dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa pada Materi Optik Geometri

Author: 
Wahyudi
Nurhayati
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan pendekatan inkuiri dalam materi optika geometri dan menganalisis pengaruhnya terhadap keterampilan generik sains mahasiswa.. Rancangan penelitian yang digunakan adalah nonrandomized control group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Alat pengumpul data terdiri dari soal tes keterampilan generik sains dan lembar observasi. Analisis uji beda rerata peningkatan dilakukan menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan generik sains mahasiswa yang diberi model PBM dengan pendekatan inkuiri lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Keterlaksanaan proses belajar mengajar dengan menggunakan model PBM dengan pendekatan inkuiri tergolong baik.