PEMBELAJARAN MODEL DISKUSI UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA INTI MAHASISWA UMP

Author: 
R. Wakhid Akhdinirwanto
Abstrak: 

Selama ini sebagian besar dosen, termasuk dosen pendidikan fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo mengajardengan model ceramah dan mencatat di papan tulis. Padahal berbagai model pembelajaran telah banyak diberikan, bahkandigunakan untuk penelitian dalam bidang pendidikan. Tapi begitu bertugas mengajar, dosen belum mampu mengaplikasikandalam rutinitas kerja sehari-hari. Banyak alasan yang diberikan, salah satunya adalah bahwa dosen dalam memberikanperkuliahan mengejar target materi ajar. Oleh karena itu wajar kalau kemudian mahasiswa tidak menguasai materi ajar yangdiberikan. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran diskusi untuk peningkatan pemahaman fisika intimahasiswa UMP.Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan di program studi pendidikan fisika. Subyek penelitian ini adalah mahasiswapendidikan fisika semester VII, yang saat ini sedang menempuh matakuliah fisika inti, yang jumlahnya 23 mahasiswa, 6 laki-lakidan 17 perempuan. Waktu penelitian September – Nopember 2009. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputiscenario pembelajaran, dan alat evaluasi. Kegiatan mahasiswa dan dosen secara rinci dipandu dalam scenario pembelajaran.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran diskusi dapat meningkatkan pemahamanfisika inti mahasiswa UMP. Sebelum dilakukan penelitian rata-rata prestasi belajar fisika inti mahasiswa fisika UMP kurang dari53. Pada siklus I rata-rata prestasi belajar fisika inti 53 dan pada siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 66,5. Selanjutnya,disarankan kepada dosen fisika inti untuk menggunakan diskusi dalam melakukan proses perkuliahan. Sebab denganmeningkatnya prestasi belajar akan meningkatkan kualitas pendidikan di program studi fisikaUMP.