PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Author: 
M. Yasin Kholifudin
Abstrak: 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) . Pengaruh penggunaan metode Eksperimen dan Demonstrasi terhadap peningkatan prestasi belajar fisika pada materi fluida statik, 2) Pengaruh gaya belajar siswa terhadap peningkatan prestasi belajar fisika pada materi fluida statik, 3). Interaksi antara metode pembelajaran dengan gaya belajar terhadap peningkatan prestasi belajar fisika pada materi fluida statik. Penelitian ini penelitian eksperimen dengan 2 perlakuan metode eksperimen dan metode demonstrasi ditinjau dari gaya belajar siswa tanpa kelompok kontrol dilaksanakan pada bulan November 2008 - Juni 2009. Subyek penelitian siswa SMA N 1 Gombong kelas XI IPA, kelas eksperimen terdiri dari 33 siswa dan kelas demonstrasi 33 siswa, gaya belajar visual 45 siswa dan gaya belajar kinestetik 21 siswa. Instrumen pengambilan data berupa angket gaya belajar (visual, kinestetik) dan test prestasi belajar. Data analisis dengan Anava dengan taraf signifikan > α = 0.05. Dari analisis data dapat disimpulkan: 1). Ada beda pengaruh metode eksperimen dan demonstrasi terhadap prestasi belajar fisika pada pembelajaran materi fluida statik; dengan taraf signifikansi lebih kecil α (p = 0,002 < α ; Ho ditolak). 2). Tidak ada beda pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar fisika pada pembelajaran materi fluida statik; dengan taraf signifikansi lebih besar α : (p = 0,394 > α , Ho tidak ditolak), 3). Tidak ada interaksi antara metode dengan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar fisika pada pembelajaran materi fluida statik; dengan taraf signifikansi lebih besar dari α ; ( p = 0,088> α , Ho tidak ditolak)