MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU FISIKA SMA/SMK BINAAN DALAM MEMBUAT ALAT PRAKTIKUM FISIKA SEDERHANA MELALUI PENDAMPINGAN DI KABUPATEN KULON PROGO

Author: 
Sudarmadi
Abstrak: 

Tujuan  Penelitian  Tindakan  Sekolah  (PTS)  ini  adalah  (mengetahui,  mendorong  pengembangan,  dan meningkatkan  kemampuan)  guru-guru  Fisika  SMA/SMK  binaan  dalam  pembuatan  alat  praktikum  fisika  sederhana. Penelitian ini dilaksanakan kepada guru-guru fisika SMA/SMK binaan Kabupaten Kulonprogo sejumlah 10 orang yang menyebar pada 5 sekolah SMA/SMK di Kabupaten Kulon Progo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui  pendampingan  dengan  tiga  siklus mulai  dari perencanaan,  pelaksanaan  dan  refleksi pada  setiap  siklus. Data diperoleh  berdasarkan  hasil  pengamatan  dan  pengujian  alat  praktikum  fisika  sederhana  yang  dibuat  oleh guru-guru fisika  SMA/SMK  binaan.    Hasil  penelitian  melalui  pendampingan  dalam  membuat  alat  praktikum  fisika  sederhana adalah:  9  orang  guru  atau  90%  dari  10  orang  guru  telah  membuat  alat  praktikum  fisika  sederhana  dengan kategori baik, sedangkan 1 orang guru atau 10% telah membuat alat praktikum  fisika sederhana dengan kategori cukup.