Makalah Utama II: Pedagogical Content Knowlegde: Sebuah Konstruk untuk Memahami Kinerja Guru di Dalam Pembelajaran

Author: 
Drs. T. Sarkim, Ph.D.
Abstrak: 

Interaksi pembelajaran merupakan suatu aktivitas yang sangat kompleks. Di dalam interaksi pembelajaran guru dituntut untuk terus-menerus mengambil keputusan tentang tindakan apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan suatu situasi tertentu. Di dalam suatu interaksi yang otentik, keputusan guru bersifat unik dan kontekstual. Berbagai faktor berpengaruh terhadap jenis tindakan yang diambil oleh guru. Akibat banyaknya variabel yang berpengaruh terhadap tindakan guru di dalam kelas maka interaksi pembelajaran seringkali tidak mudah dijelaskan. Salah satu pendekatan yang sering dipergunakan untuk menjelaskan interaksi pembelajaran adalah dengan menyelidiki hubungan korelasi antara penerapan metode tertentu dengan tingkat keberhasilan pembelajaran murid. Melalui pendekatan itu dapat diselidiki kelebihan metode yang satu dibandingkan dengan metode yang lain pada situasi tertentu, khususnya diukur dari tingkat keberhasilan yang dicapai oleh para murid. Di dalam pendekatan dan analisis itu, ada satu faktor yang sangat penting yaitu faktor kognisi guru yang tidak menjadi bagian dari analisis, karena yang menjadi pusat perhatian observasi dan analisis adalah aktivitas yang terlihat. Mulai tahun 1990-an penelitian tentang kinerja guru mengalami pergeseran, dengan fokus aspek kognisi guru. Pergeseran didorong oleh diusulkannya sebuah konstruk yang dikenal sebagai Pedagogical Content Knowledge (PCK) oleh Shulman pada tahun 1987. Tulisan ini membahas tentang PCK, aspek-aspek dan sumber-sumbernya, serta implikasinya di dalam pembelajaran, khususnya pembelajaram sains.