Makalah Utama II: Kontribusi PhysHOTS dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Penelitian Berkelanjutan

Author: 
Yetti Supriyati
Abstrak: 

Keberhasilan proses pendidikan terlihat dari kompetensi peserta didik untuk berkembang berdasarkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik yang mereka dapatkan di dalam pembelajaran. Selama ini pendidikan konservatif belum mampu menghasilkan peserta didik yang mampu bersaing di tataran global. Hal ini berakibat rendahnya peneliti yang produktif dalam menghasilkan penemuan-penemuan terbaru di Indonesia. Oleh karena itu dalam pembelajaran fisika, konsep PhysHOTS (Physics Higher Order Thinking Skills) diperlukan untuk mendorong siswa memiliki kemampuan analisis, sintesis, evaluasi, berargumen dengan benar, memecahkan masalah, berhipotesis dan memahami hal-hal kompleks menjadi lebih jelas. Konsep ini akan berhasil jik aperforma pendidik dalam melatih peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi. Diharapkan konsep PhyscHOTS dapat berkembang melalui penelitian berkelanjutan, sehingga dapat memperbaiki pola pikir peserta didik dan diterapkan secara nasional agar mutu pendidikan meningkat.