Kontribusi Motivasi Belajar dan Penggunaan Sumber Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Kognitif Pada Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA

Author: 
Ermawati
Edy Wiyono
Surantoro
Abstrak: 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan penggunaan sumber belajar siswa terhadap kemampuan kognitif fisika siswa pada siswa Kelas X SMA Negeri I Polokarto di tahun ajaran 2011/2012. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X berjumlah 197 siswa dan sebagai sampel 39 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes, sedangkan teknik analisis data dengan teknik analisis regresi linier ganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar, penggunaan sumber belajar dengan kemampuan kognitif fisika siswa yang dinyatakan dalam bentuk persamaan garis regresi linear Y = 43,1221 + 0,0032 X1 + 0,6291 X2.