Keterampilan Proses Sains Calon Guru Fisika

Author: 
Budi Lindrawati
Rohandi
Abstrak: 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan keterampilan proses sains calon guru fisika dan apakah ada perbedaan penguasaan keterampilan proses sains untuk setiap angkatan. Subyek penelitian ini adalah 120 calon guru fisika pada sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika masih dalam tingkat cukup. Tidak ada perbedaan rata-rata skor antara mahasiswa angkatan 2010, 2011, 2012, dan 2013. Penguasaan keterampilan proses sains calon guru fisika pada aspek mengidentifikasi variabel masih perlu peningkatan sedangkan penguasaan keterampilan proses sains dalam mendefinisikan variabel secara operasional, merumuskan hipotesis, dan merancang penelitian/eksperimen masih dalam tingkat yang cukup. Kemampuan menyajikan/interpretasi data merupakan keterampilan sangat baik dikuasai calon guru fisika.