Implementasi Blended Learning berbantuan NEO Learning Management System (LMS) untuk Mendukung Proses Pembelajaran Generasi Abad 21

Author: 
Meili Yanti
Subaer
Abstrak: 

Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh penerapan Blended Learning terhadap hasil belajar fisika dan bagaimana kualitas pembelajaran yang dihasilkan. Blended Learning merupakan perpaduan dari pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas dan secara online di luar jam kuliah. Blended Learning bertujuan untuk memaksimalkan pengetahuan yang diperoleh peserta didik. Pengetahuan yang diperoleh di kelas akan didiskusikan kembali secara online melalui elearning yang telah dibuat sebelumnya. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa calon guru Fisika semester dua. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar, berupa pretest dan posttest, dan (2) lembar observasi yang digunakan untuk mengukur kualitas pembelajaran yang meliputi aspek daya tarik mahasiswa, sarana dan prasarana serta kemampuan teknologi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Blended Learning dapat mendukung proses pembelajaran generasi abad 21 dengan menggunakan NEO Learning Management System (LMS). Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa calon Guru Fisika sebelum dan setelah diterapkannya pembelajaran Blended Learning tersebut. Dari segi kualitas pembelajaran, aspek pengetahuan teknologi calon guru memiliki persentase yang tinggi yaitu sebesar 82%.