Efektivitas Pembelajaran Simulasi Komputer Pra Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Fisika di SMP Negeri 1 Ponorogo

Author: 
Harijadi
Dwi Sulisworo
Abstrak: 

Penelitian tentang efektivitas pembelajaran simulasi komputer pra eksperimen bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa SMP Negeri 1 Ponorogo, dan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika melalui apa yang ia kerjakan. Desain yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design dengan tujuan melihat pengaruh perlakuan yang berbeda pada subjek penelitian. Dalam penelitian ini dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sebelum diberikan materi pelajaran fisika kedua kelompok diobservasi aktivitas belajar awalnya untuk mengetahui bahwa kedua kelas tersebut homogen secara statistik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: (1) Terdapat peningkatan aktivitas belajar fisika pada peserta didik yang lebih tinggi pada pembelajaran simulasi komputer pra eksperimen (23.67%) dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran eksperimen langsung (11.47%). (2) Pembelajaran fisika dengan metode simulasi komputer pra eksperimen lebih efektif meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran fisika dengan metode eksperimen langsung, dengan metode statistik uji T dapat diperoleh thit=39.71 > ttab=1.67 pada taraf signifikansi 95%.