Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Metode Virtual Experiment dengan Bantuan Program Edison terhadap Hasil Belajar IPA (Fisika) ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri 3 Wadaslintang

Author: 
Wiyoga Surya Gunadi
Ishafit
Abstrak: 

Fisika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Hal ini bisa dilihat dari rendahnya hasil belajar dan minat belajar siswa terhadap mata melajaran fisika. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode pangajaran fisika yang kurang tepat sehingga anak menganggap fisika sebagai pelajaran yang bersifat abstrak dan sulit dimengerti. Pembelajaran dengan real experiment terkendala dengan minimnya sarana dan prasarana laboratorium IPA. Penelitian ini menggunakan metode virtual experiment berbantuan Program Edison 4 untuk pembelajaran IPA materi Listrik Dinamis di SMP Negeri 3 Wadaslintang. Peneliti mengambil 2 (dua) kelas IX sebagai sampel penelitian, dimana kelas IX.2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode virtual experiment, sedangkan kelas IX.3 menggunakan metode demonstrasi. Kedua sampel sama-sama menggunakan bantuan program Edison. Dari hasil penelitian, pembelajaran dengan metode virtual experiment efektif untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa, sedangkan minat belajar siswa memberi sumbangan positif terhadap hasil belajar fisika siswa