Deskripsi Sikap (Attitude) Peserta Didik terhadap Fisika Berdasarkan Instrumen PASI (Physics Attitude Survey Instrument) di SMA Negeri 8 Makassar

Author: 
Riskawati
Fitria Dwi Alfianty R
Sitti Rahma Yunus
Abstrak: 

Salah satu dimensi literasi sains adalah dimensi sikap terhadap sains. Penelitian ini bertujuan untuk melihat deskripsi sikap peserta didik terhadap fisika untuk setiap ranah (folk, low transition, high transition dan expert) berdasarkan instrumen PASI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan "Model Miles dan Huberman". Subjek penelitian dipilih dengan mempertimbangkan peserta didik yang secara ekstrim mewakili kelompok masing-masing sikap. Metode pengumpulan data menggunakan kombinasi antara analisis instrumen PASI, wawancara mendalam, dan observasi subjek penelitian. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa untuk peserta didik pada ranah expert mampu memahami dan menghubungkan konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari secara lengkap, pada ranah high transition sudah mengenal konsep, prinsip, teori maupun hukum sains namun informasi yang diberikan masih terbatas, pada ranah low transition masih sering mengalami miskonsepsi terhadap konsep-konsep fisika, sedangkan pada ranah folk peserta didik tidak mampu menghubungkan atau merespon isu-isu sains karena kurang memiliki istilah-istilah sains.