Deskripsi Hasil Belajar Siswa Kelas Olimpiade Fisika Menggunakan Dynamic Problem Solving Strategies di SMA Negeri 1 Bajeng

Author: 
Sirajuddin Jalil
Abdul Haris
Subaer
Abstrak: 

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui hasil belajar siswa kelas olimpiade fisika yang diajar dengan menggunakan Dynamic Problem Solving Strategies pada materi Dinamika Rotasi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain pre-experimental menggunakan one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas olimpiade fisika SMA Negeri 1 Bajeng tahun 2014/2015, Gowa, Sulawesi Selatan. Pengambilan data penelitian melalui tes hasil belajar dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran pada materi olimpiade Dinamika Rotasi yang menggunakan Dyanamic Problem Solving Strategies untuk menyelesaikan permasalahan fisika siswa olimpiade memiliki skor rata-rata hasil belajar 33,4. Gain score ternormalisasi rata-rata kelas 0,272 berada pada kategori mendekati sedang. Terhadap pembelajaran di kelas, siswa kelas olimpiade yang memberikan respon positif sebesar 73,9%.