Analisis Kemampuan Self Regulated Learning Siswa Overachievers Berdasarkan Jenis Kelamin pada Mata Pelajaran Fisika

Author: 
Suhas Caryono
Es Triyanto
Abstrak: 

Self regulated learning adalah pembelajaran yang dipandu oleh metakognisi (berpikir tentang pemikiran seseorang), aksi strategis (perencanaan, monitoring, dan evaluasi kemajuan pribadi terhadap standar), dan motivasi belajar. Siswa yang self-regulated learning percaya bahwa kesempatan untuk melakukan tugas yang menantang, pelaksanaan praktek pembelajaran, pengembangan pemahaman yang mendalam mengenai materi pelajaran, dan mengerahkan segala usaha untuk menuju keberhasilan akademis. Individu yang berprestasi tinggi atau overachievement seringkali merupakan siswa yang memiliki self-regulated learning yang baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan self-regulated learning siswa overachievement berdasarkan jenis kelamin pada mata pelajaran fisika di kelas XII SMA Negeri 8 Purworejo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik sampel yang digunakan adalah sample purposive (teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu). Penelitian ini menggunakan sampel siswa yang memiliki nilai pretasi tinggi pada mata pelajaran fisika. Instrumen penelitian menggunakan indikator karakteristik self-regulated learning dari Rochester Institute of Technology. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan self-regulated learning siswa overachievement pada mata pelajaran fisika di kelas XII SMA Negeri 8 Purworejo mendapat skor 4,44 (berada dalam kategori baik), yaitu dari nilai rata-rata siswa pria dengan skor 4,41 dan siswa wanita dengan skor 4,47