Analisis Butir Soal Ujian Nasional SMA Bidang Fisika Tahun 2014 Menggunakan Taxonomy of Introductory Physics Problem

Author: 
Asep Sutiadi
Rizki Kurniawati
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem kognitif pada dimensi pengetahuan yang terlibat dalam menyelesaikan soal Ujian Nasional (UN) SMA bidang fisika berdasarkan Taxonomy of Introductory Physics Problem (TIPP). Karakteristik TIPP disusun berdasarkan sebuah taksonomi yakni The New Taxonomy of Educational Objective (NTEO), yang dikembangkan Marzano. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data melalui studi dokumenter soal UN SMA bidang fisika tahun 2014. Hasil analisis menunjukan bahwa komposisi sistem kognitif pada dimensi pengetahuan soal UN SMA bidang fisika pada tahun 2014 pada level (2) Comprehension kategori (2b) menyimbulkan pada domain informasi sebesar 85% dan level (1) Retrieval kategori (1b) mengeksekusi pada domain prosedur mental sebesar 77,5 %. Hasil analisis ini memberi gambaran posisi soal UN fisika diantara soal-soal fisika internasional yang dapat dijadikan bahan referensi saat melatih siswa untuk menghadapi UN dan sebagai referensi dalam menyusun soal UN selanjutnya.