62-66 Perubahan Skema Kognitif Siswa pada Materi Gaya Gesek

Author: 
Anastasia Susi Murwaningsih
Tarsisius Sarkim
Abstrak: 

Pembelajaran konstruktivisme merupakan proses membangun pengetahuan yang merupakan interaksi antara pengetahuan yang sudah dimiliki dengan hal yang dialami. Seringkali dalam proses belajar siswa menjumpai ketidaksesuaian antara pengetahuan yang sudah dimiliki dengan hal baru yang dijumpai. Hal ini membuat siswa mengubah pemahaman yang telah mereka miliki sebelumnya. Menurut Piaget, pemahaman yang telah dimiliki siswa tersusun dalam sebuah struktur yang disebut skema. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya proses perubahan skema kognitif siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif. Skema (pemahaman) awal siswa diperoleh dari wawancara. Pertanyaan wawancara bersumber dari pemahaman awal siswa. Peneliti memberikan pertanyaan konfirmasi, contoh maupun ilustrasi untuk membantu siswa memodifikasi pemahamannya. Perubahan skema kognitif siswa dapat dilihat jelas melalui peta konsep awal dan peta konsep akhir yang dimiliki siswa.