53-56 Model Konseptual Pembelajaran Terpadu di SMP Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Sains Konsep Kalor

Author: 
Abdul Haris Odja
Abstrak: 

Telah dilakukan penelitian melalui kajian teori dan observasi awal untuk menemukan model konseptual pembelajaran terpadu pada peserta didik SMP untuk meningkatkan kemampuan menulis sains. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagaian besar responden menyatakan pernah menerapkan pembelajaran terpadu untuk satu disiplin ilmu. Sementara keterpaduan antar disiplin ilmu jarang dilakukan. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah seperti menulis sains dibutuhkan pembelajaran lintas disiplin ilmu. Melalui kajian teoritik tentang pembelajaran terpadu, menulis sains dan teori-teori belajar diperoleh model konseptual. Model konseptual terdiri atas dua bagian utama yaitu tahap perancangan model pembelajaran terpadu dan tahap pelaksanaan. Tahap perancangan terdiri atas empat langkah yaitu penjajakan awal, perencanaan, penerapan dan evaluasi model pembelajaran terpadu. Tahapan pelaksanaan langkah pembelajarannya terdiri atas orientasi masalah, observasi, penjelasan dan tahap komunikasi. Model konseptual ini merupakan pengembangan dari model pembelajaran terpadu sequenced, sehingga pembelajaran tetap berlangsung pada tiap-tiap kelas hanya penyajian konsep yang saling mendukung. Hal ini sesuai dengan kurikulum ditingkat SMP.Pembelajaran terpadu, Menulis Sains, Kalor