49-52 Deskripsi Problem Solving Skill Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika

Author: 
Muhammad Yusuf
Prabowo
Abstrak: 

Telah dilakukan penelitian tentang kecakapan peserta didik dalam memecahkan masalah fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecakapan siswa dan mahasiswa dalam memecahkan masalah fisika. Untuk mengukur kecakapan siswa dan mahasiswa dalam memecahkan masalah digunakan instrumen yang telah dikembangkan oleh Lynn. Subjek penelitian adalah siswa SMAN 2 Kota Gorontalo dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan kecakapan peserta didik dalam memecahkan masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dalam bentuk uraian. Tes yang diberikan berbeda terhadap subjek siswa SMA dan subjek mahasiswa, karena menyesuaikan dengan kemampuan subjek. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil analisis data diperoleh bahwa kecakapan siswa SMA dalam memecahkan masalah fisika masih rendah pada pendekatan dan aplikasi fisika. Sedangkan kecakapan mahasiswa masih rendah pada aplikasi fisika. Dan secara keseluruh siswa dan mahasiswa tidak melakukan evaluasi terhadap masalah yang telah dipecahkan.