45-48 Eksperimentasi Media Pembelajaran Berbasis RPG (Role Playing Game) Dengan Menggunakan Metode Instructional Games Dan Teams Games Tournaments Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII SMPN 2 Tuntang Kabupaten Semarang

Author: 
M. V. Nanda K. I
Sukarmin
Ahmad Fauzi
Abstrak: 

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan kemampuan kognitif antara siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran game edukasi fisika berbasis Role Playing Game (RPG) dengan metode Instructutional Games dan Teams Games Tournaments pada materi Kalor dan Perpindahannya untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Data diperoleh melalui dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif antara siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran game edukasi fisika berbasis Role Playing Game (RPG) dengan metode Instructutional Games dan Teams Games Tournaments pada materi Kalor dan Perpindahannya.