443-446 Pengaruh Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa SMK Negeri Tembarak Kabupaten Temanggung

Author: 
Nunik Lestari
Ishafit
Abstrak: 

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science) berpengaruh terhadap peningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa SMK Negeri Tembarak. Data dianalisis dengan mereduksi dan mempersentase data. Hasil penelitian adalah keterlaksanaan model pembelajaran CLIS pada siklus I yaitu 83,13% dan pada siklus II yaitu 90,00% dengan peningkatan sebesar 6,87%. Motivasi belajar pada siklus I yaitu 50,45 dan pada siklus II yaitu 71,12 dengan peningkatan sebesar 20,67. Pemahaman konsep siswa pada aspek kognitif diperoleh rata-rata nilai sebelum tindakan yaitu 74,64, pada siklus I yaitu 75,45 dengan peningkatan sebesar 0,81, dan pada siklus II yaitu 81,97 dengan peningkatan sebesar 6,25. Hasil belajar siswa pada aspek psikomotor diperoleh rata-rata nilai pada siklus I yaitu 67,71 dan pada siklus II yaitu 85,38 dengan peningkatan sebesar 17,67. Hasil belajar siswa pada aspek afektif diperoleh rata-rata nilai pada siklus I yaitu 77,04 dan pada siklus II yaitu 85,23 dengan peningkatan sebesar 8,19.