40-44 Evaluasi Perkuliahan, Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Model Countenance Stake

Author: 
Dian Artha Kusumaningtyas
Abstrak: 

Pendidikan di Perguruan Tinggi memiliki berbagai tujuan baik dari sisi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih mendalam tentang evaluasi pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembelajaran matakuliah Evaluasi proses dan hasil belajar Fisika Menggunakan model countenance stake Metode penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan model evaluasi yang digunakan adalah Coutenance Stake. Model evaluasi Stake merupakan analisis proses evaluasi yang menekankan pada dua jenis operasi yaitu deskripsi (descriptions) dan pertimbangan (judgments) serta membedakan tiga fase dalam evaluasi program yaitu: (1) persiapan (antecedents) dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran; (2) tran-saksi adalah pelaksanaan pembelajaran; dan (3) outcome dari program ini yakni hasil belajar peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh Perencanaan perkuliahan dikategorikan cukup baik (77,28%), Pelaksanaan proses perkuliahan dikategorikan cukup baik (77,97%) dan Evaluasi/penilaian hasil perkuliahan cukup baik (78,41%).