38-41 Analisis Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 5 Surakarta

Author: 
Nurmalita Sari
Widha Sunarno
Sarwanto
Abstrak: 

Pembelajaran fisika identik dengan proses penyelidikan guna membangun pengetahuan dalam ranah kognitif siswa. Proses penyelidikan dapat diterapkan dengan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika di tingkat SMA. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian survey dengan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian di lapangan diperoleh hasil bahwa persentase keterlaksanaan sintaks inkuiri terbimbing adalah orientasi (10%); merumuskan masalah (10%); merumuskan hipotesis (10%); melaksanakan observasi, eksperimen, atau simulasi (80%); mengumpulkan dan menganalisis data (75%); inferensi (20%); generalisasi (60%); dan refleksi (30%).