29-32 Deskripsi Konsepsi Mahasiswa Pendidikan Fisika Tingkat II Universitas Pendidikan Indonesia tentang Konsep Listrik Magnet

Author: 
Rendy Wikrama Wardana
Liliasari
Paulus Cahyono Tjiang
Nahadi
Abstrak: 

Beberapa hasil penelitian mengemukakan bahwa konsep listrik magnet merupakan konsep yang kurang populer dan kurang diminati oleh mahasiswa. Hal tersebut disebabkan oleh karakteristik konsep listrik magnet yang abstrak, sulit dan kompleks yang menyebabkan beragamnya konsepsi yang dimiliki mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan konsepsi mahasiswa pendidikan Fisika tingkat II Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang telah belajar listrik magnet pada mata kuliah Fisika Dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 23 mahasiswa tingkat II UPI. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes essay yang merujuk pada tes Electromagnetism Concept Inventory (EMCI) yang meliputi subkonsep elektrostatis, kemagnetan, induksi elektromagnetik maupun gelombang elektromagnetik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa tingkat II UPI kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar dalam listrik magnet pada subkonsep elektrostatis dan kemagnetan. Hasil lain menunjukkan 52 % mahasiswa tingkat II UPI menjawab benar pada subkonsep induksi elektromagnetik.