20-24 Peningkatan Kerjasama Mahasiswa Melalui Metode Penugasan Kelompok pada Mata Kuliah English for Physics I

Author: 
Fajar Fitri
Widodo
Abstrak: 

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kerjasama mahasiswa melalui metode pembelajaran penugasan kelompok pada mata kuliah English for Physics I mahasiswa program studi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan semester I. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Model Kemmis dan Mc Taggart. Pada Model PTK yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart, suatu siklus terdiri atas empat komponen. Keempat komponen tersebut meliputi: 1. perencanaan, 2. aksi/tindakan, 3. observasi, dan 4. refleksi. Sesudah suatu siklus selesai diimplementasikan, kemudian diikuti dengan adanya perencanaan ulang yang dilaksanakan dalam bentuk siklus tersendiri. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 1 kelas PGMIPAU prodi Pendidikan Fisika tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 18 mahasiswa. Pada saat pembelajaran berlangsung, siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok dan observer mengobservasi tingkat kerjasama mahasiswa. Setelah selesai pembelajaran, dilakukan refleksi untuk mengevaluasi pembelajaran dan menyusun perencanaan pembelajaran berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat kerjasama mahasiswa meningkat secara signifikan setelah melakukan pembelajaran melalui metode penugasan kelompok pada mata kuliah English for Physics I.