20--24 Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X MBI Amanatul Ummah Menggunakan Instrumen NOSLiT

Author: 
Ainur Rokhmah
Widha Sunarno
Mohammad Masykuri
Abstrak: 

Literasi sains merupakan kemampuan multidimensional yang harus dimiliki siswa dalam mempersiapkan kehidupan setelah sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan literasi sains siswa kelas X. Pengukuran literasi sains menggunakan instrumen Nature of Scientific Literacy Test (NOSLiT) yang dikembangkan oleh Wenning. Instrumen ini merupakan instrumen yang tidak terkait dengan rumpun pelajaran tertentu. Sampel penelitian adalah 36 siswa kelas X semester genap MBI Amanatul Ummah. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, persentase kemampuan literasi sains siswa adalah kemampuan observasional dan eksperimental dasar 26,39%, postulat ilmiah 40,28%, penamaan ilmiah 47,22%, disposisi ilmiah 48,61%, dan kaidah bukti saintifik 84,72%. Rata-rata kemampuan literasi sains siswa kelas X adalah 49,44 sedangkan rata-rata hasil uji coba NOSLiT yang dilakukan oleh Wenning adalah 58,80%. Perbedaan perolehan ini disebabkan karena karakteristik siswa berdasarkan kualitas pendidikan, tipe soal yang masih sangat baru untuk siswa serta pengetahuan umum siswa tentang sains.